Journal : Antioksidan dalam Diet dan Karsinogenesis




Untuk kamu yang senang membaca sesuatu yang ilmiah, saya ada journal yang menarik.

Antioksidan dalam Diet dan Karsinogenesis

Oleh : Jansen Silalahi

Pada keadaan normal pergantian dan peremajaan sel akan terjadi sesuai kebutuhan melalui proliferasi sel dan apoptosis (kematian sel terprogram) di bawah pengaruh proto-onkogen dan gen supresor tumor. Perubahan DNA yang terjadi di dalam proto-onkogen dan gen supresor tumor akan mengubah kecepatan proliferasi dan apoptosis. Keadaan demikian dapat menyebabkan proliferasi tanpa terkendali dan berakhir menjadi kanker. Kerusakan oksidatif pada DNA akibat radiasi, radikal bebas dan senyawa oksigen reaktif yang bersifat oksidatif merupakan penyebab penting kanker. Radikal bebas yang dibentuk di dalam tubuh akan menginduksi proses apoptosis yang menyebabkan kematian sel termasuk sel tumor dan berarti menghambat karsinogenesis. Antioksidan adalah peredam radikal bebas, dan secara epidemiologis antioksidan dalam makanan terutama sayur dan buah bersifat protektif terhadap kanker. Akan tetapi hasil penelitian eksperimental tentang hubungan antara antioksidan dan karsinogenesis tidak konsisten. Pendapat yang menyatakan bahwa antioksidan bersifat antikanker masih memerlukan penelitian yang lebih rinci. Fakta yang telah ada menunjukkan bahwa konsumsi suplemen antioksidan tunggal dosis tinggi secara sembarangan perlu dihindari.

Ini baru abstraknya saja, kalau kamu tertarik baca jurnalnya secara lengkap silahkan klik disini




Tags:
Posted in Journal

Leave a Reply